Nurdin dan Baharuddin di Ujung Tanduk



JENEPONTO, FAJAR -- Pasangan Nurdin Faisal Tahara-Burhanuddin Baso Tika dan Baharuddin Baso Jaya-Isnaad Ibrahim Lontang, berada di posisi yang tidak aman. Sepuluh parpol pengusung mereka memberikan dukungan ganda. Pasangan Nurdin-Burhanuddin mendaftarkan 12 parpol ke KPU Jeneponto sebagai pengusungnya. Sementara pasangan Baharuddin-Isnaad mendaftarkan 14 parpol. Semuanya adalah parpol nonparlemen.


Sepuluh parpol pengusung Nurdin-Burhanuddin juga memberikan dukungan kepada Baharuddin-Isnaad. Salah satu dari dua pasangan bakal calon bupati dan calon wakil bupati Jeneponto tersebut bisa gugur karena tidak memenuhi syarat. Parpol yang memberikan dukungan ganda adalah Partai Syarikat Indonesia (PSI) yang berubah nama menjadi Nasional Republik (Nasrep), Partai Perjuangan Indonesia Baru (PPIB), Partai Pelopor, Partai Matahari Bangsa (PMB), Partai Buruh, Partai Kebangkitan Nahdlatul Ulama (PKNU), Partai Merdeka, Partai Indonesia Sejahtera (PIS), PDI Perjuangan, dan Partai Persatuan Daerah (PPD).
Ketua KPU Jeneponto, Musthova Kamal mengatakan, dari lima kandidat yang mendaftar, baru tiga di antaranya yang dipastikan aman. Mereka adalah Iksan Iskandar-Mulyadi Mustamu, Ashari F Radjamilo-Mahlil Sikki, dan Syuaib Mallombasi-Andi Mappatunru. Sementara dua pasangan bakal calon yang menggunakan gabungan partai nonparlemen masih harus diverifikasi faktual untuk memastikan apakah mereka memenuhi syarat atau tidak.
Musthova mengaku akan berkonsultasi ke pimpinan pusat parpol yang memberikan dukungan ganda tersebut. Selain memverifikasi kepengurusan yang sah, KPU juga ingin memastikan arah dukungan resmi parpol tersebut.
"Salah satunya bisa tersingkir. Bahkan, tidak menutup kemungkinan dua-duanya tidak lolos jika akumulasi suara parpol pengusung mereka tidak mencapai 15 persen," tambah adik kandung Jayadi Nas ini.
Dari 38 parpol peserta Pemilu 2009, terdapat 20 parpol nonparlemen. Total suaranya mencapai 43.842 atau 23,81 persen. Artinya, suara tersebut hanya cukup untuk mengusung satu pasangan calon bupati dan calon wakil bupati.
Pasangan calon harus didukung oleh parpol atau gabungan parpol yang akumulasi suaranya pada Pemilu 2009 minimal 27.615 suara. Jumlah itu setara dengan 15 persen dari total suara sah pada Pemilu 2009 yang mencapai 184.096.
Ketua tim pemenangan Baharuddin-Isnaad, Usni Tamrin berharap kandidatnya bisa lolos bertarung di pemilukada. Dia yakin parpol pengusung kliennya memberikan dukungan resmi. (lom)

Related product you might see:

Share this product :
 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. Mallombasang Kapi - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger