Tidak Diupah, Namanya tak Tercatat Dalam Sejarah

Pencipta Lambang Kabupaten Jeneponto, Mustafa Djalle
Tidak Diupah, Namanya tak Tercatat Dalam Sejarah


Laporan : MALLOMBASANG, Jeneponto

LOGO Kabupaten Jeneponto digunakan sejak 49 tahun silam. Siapa penciptanya? Tak banyak yang tahu.

Dari informasi lisan, penulis akhirnya memperoleh gambaran bahwa keluarga seniman pencipta logo Jeneponto, ada yang tinggal di Kecamatan Tamalate. Benar saja, penulis akhirnya bisa bertemu Hj Sunarti Djalle.

Sunarti Djalle adalah pensiunan PNS dan terakhir sebagai kepala sekolah. Sunarti mengisahkan pencipta logo Jeneponto bernama Mustafa Djalle (almarhum). "Maaf nak, kalau ingin tahu menghubungi saudaranya Darmawati Ferial dan Razak Djalle di Makassar," ucap Sunarti, sembari mengatakan, ketika logo itu dibuat, dia masih kanak-kanak.

Informasi lain menyebutkan, logo Jeneponto bukan hasil lomba, tapi dipesan oleh bupati. Sebagai saksi sejarah, Wakil Ketua DPRD Jeneponto Muhaddi Kulle menyebutkan, Bupati Jeneponto Abd Djalil Sikki (periode 1960-1966) yang memesan logo tersebut.

Mustafa Djalle kata dia, seniman di Jeneponto. "Sekira 1960-an masih kurang anak muda yang pintar seperti dia," kenang Muhaddi Kulle, sembari mengatakan, ketika itu, dirinya menjabat Kepala Distrik Binamu (sekarang camat).

Logo itu dibuat setelah pisahnya Kabupaten Jeneponto dengan Takalar. "Saat itu, keluar keputusan mendagri agar semua kabupaten di Sulsel membuat lambang daerah. Bupati kedua saat itu, meminta Mustafa Djalle menciptakan logo daerah dengan mencantumkan gambar pohon lontara dan kuda putih.

Seingatnya, ketika itu, tidak ada upah yang diberikan ke penciptanya. Kenapa? Waktu itu, apa pun diperintahkan bupati harus terpenuhi. Bahkan nama Mustafa Djalle sebagai pencipta lambang Jeneponto, tidak pernah tertulis dalam sejarah. Apalagi menerima penghargaan atas karyanya.

"Pencipta logo Jeneponto yang hasil karyanya sudah digunakan selama 49 tahun, dilupakan begitu saja. Beliau meninggal sejak 1970-an. Namanya tak pernah terukir dalam lembaran sejarah perjalanan Jeneponto dan tak pernah menerima imbalan apa pun dari hasil karyanya," katanya.

Selain logo Jeneponto, karya Mustafa Djalle lainnya, lambang Kodam VII/Wirabuana dan Universitas Hasanuddin (Unhas). "Beliau tak hanya dikenal di Jeneponto ketika itu," katanya. Apa makna logo Jeneponto? (*)

Related product you might see:

Share this product :
 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. Mallombasang Kapi - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger